Bersua Si Harimau Biasa

by - December 20, 2022

Danaus genutia si Harimau Biasa

Tak terasa langkah kaki sampai juga di pal 1, sebuah pal pojok pada Cagar Alam Gunung Abang. Sengaja, Rabu itu, 23 November 2022, saya menyatroni hutan konservasi ini bersama “kuncen”nya, Solikhin. Tak lain dan tak bukan untuk mengumpulkan data flora dan fauna di kawasan seluas 50 hektar ini. Pada kunjungan sebelumnya saya sempat merekam beberapa jenis Lepidoptera, termasuk si Sayap Burung Biasa yang dilindungi undang-undang itu.

Cekrak, cekrek, cekrak, cekrek, kamera tua Canon Powershot SX 60 HS milikku ini segera beraksi. Mataku tak lepas dari seekor kupu-kupu yang bermotif cantik dan sedang asyik menghisap nektar di sekitar pal 1. Prinsip saya, apapun yang saya jumpai, segera abadikan. Masalah identifikasi itu urusan nanti saat sudah tiba di rumah.

Danaus genutiaCommon Tiger, atau Harimau Biasa merupakan kupu-kupu yang masuk kedalam kelompok keluarga Nymphalidae. Ia mempunyai lebar sayap sekitar 70–80 mm. Kedua jenis kelamin kupu-kupu memiliki sayap kuning kecoklatan dengan urat yang ditandai dengan pita hitam lebar.

Pada kupu-kupu jantan memiliki kantong di sayap belakang. Pinggir sayap berwarna hitam dengan dua baris bintik putih. Bagian bawah sayapnya menyerupai bagian atas tetapi warnanya lebih pucat. Harimau biasa jantan memiliki bintik hitam-putih yang menonjol di bagian bawah sayap belakang.

Perjumpaan ini tentu terasa spesial, karena dari beberapa kawasan konservasi yang saya jelajahi, baru kali ini saya bersua dengan Harimau Biasa. Tak urung perjumpaan ini saya tampilkan di instagram dan segera memasukkan datanya ke dalam site Cagar Alam Gunung Abang.

You May Also Like

0 komentar