Sejuta Khasiat Daun Sirih dalam Setiap Lembarnya

by - January 31, 2012

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun Sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari. Jika Anda tidak tahan dengan aroma saat mengunyah sirih, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.

Pembengkakan gusi/mulut. Ambil daun sirih 5-6 l embar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring,tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari. 

Perdarahan geraham. Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini.Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkatsaring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali. Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

Untuk merawat gigi. Caranya yaitu dengan mengunyah daun sirih dengan teratur.

Menghilangkan bau badan. Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil, airnya diminum.

Obat batuk. Daun sirih 5 lembar, Cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji. Kayumanis 1 jari tangan. Cara membuat: Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 gelas. Angkat dan saring. Aturan minum : Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan. Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan. Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan. Dewasa 3 kali sehari.

Untuk mengobati rabun jauh atau “Miopa”. Caranya yaitu merendam mata pada air hanyat yang dicampur dengan daun sirih. Untuk mengobati mata merah atau “belekan”. Caranya yaitu dengan merendam mata ada air yang telah dicampur dengan daun sirih.

Untuk mengatasi diabetes. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih sebanyak 3-4 lembar dicampur dengan daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dea kering 3 gram dan daun gingseng 4 lembar. Kemudian airnya diminum 3 kali sehari sebelum makan.

Keputihan : Untuk mencegah atau mengatasi keputihan, mengurangi gatal-gatal pada daerah kemaluan wanita digunakan rebusan daun sirih buat membersihkannya. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit,tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih.

Sumber :
http://turunberatbadan.com/2273/manfaat-daun-sirih/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
http://indonesiaindonesia.com/f/6147-daun-sirih-memiliki-khasiat-serba-guna/
http://suaraterbaru.com/beberapa-manfaat-daun-sirih/kesehatan/

You May Also Like

0 komentar