Ramadhan Tahun Ini

by - May 23, 2020

Pelaksanaan Shoalt Jum'at di Masjid Pangsud saat pandemi Covid19

Bulan Ramadhan 1441 Hijriah atau 2020 Masehi ini benar-benar beda. Saya lebih memilih kata beda dibanding spesial atau sejenisnya. Karena di tahun ini ada wabah penyakit yang bertepatan dengan ibadah wajib berpuasa.


Saya menyebutnya ada berkah tersendiri, disamping tentunya rasa khawatir bercampur waspada terhadap wabah penyakit Covid19. Plus.. rasa gemas melihat rakyat +62 yang lama-lama terlalu cuek dan terlihat menyepelekan pandemi ini.

Hingga saya berumur nyaris 45 tahun, baru kali ini sebagian besar hari-hari di bulan Ramadhan dihabiskan antara rumah dan masjid. Hanya sekali masuk ke kantor karena waktu piket, sisanya terkena Work From Home. Bukan tanpa alasan, sejak Surabaya memberlakukan Pembatasan Sosial (yang katanya) Berskala Besar, terminal tutup, dan transportasi bis yang menjadi andalanpun harus berhenti.

Kehidupan hariannya jika saya jadikan sebuat fiksi ilmiah tentu sangat membosankan, rumah - masjid - rumah - masjid, begitu terus. Sesekali saja keluar, kalau tidak ke ATM ke ****mart. Namun, ada rasa syukur dalam diri, saya bisa beribadah secara optimal, belum maksimal juga sih. 

Bersyukur juga, Masjid Panglima Besar Jendral Soedirman yang Muhammadiyah itu tetap melakukan seluruh rangkaian ibadah di bulan suci ini. Mulai sholat wajib 5 waktu, sholat jum’at, sholat tarawih, insya Alloh sholat Id, bahkan I’tikaf, ya meski berlaku untuk jamaah tetap saja.

Jujur, saya tidak pernah membayangkan sedikitpun bakal melalui fase hidup seperti ini, sebuah pandemi yang melanda ke seluruh dunia. Dan hanya di +62 saya merasa peraturan longgar dan terkesan plin plan. 

Tak heran, jalanan ramai, pasar ramai, dan yang digembar-gemborkan beribadah di rumah. Sampai-sampai masjid-masjid banyak yang tutup, karpetnya digulung, dan sholat berjamaah dengan berjarak. Astaghfirulloh, sholatpun diminta berjarak. Beruntung Masjid Pangsud tetap lurus dan rapat.

Dan saya berdoa, semoga Alloh menerima ibadah-ibadahku di bulan Ramadhan tahun ini, dan menyampaikan umurku untuk berjumpa kembali dengan Ramadhan di tahun depan. Aamiin.

Hamid Rusdi - Kota Malang
30 Ramadhan 1441 H
23 Mei 2020

You May Also Like

0 komentar