Monday, May 30, 2011

Tidur Siang, Cara Alami Singkirkan Sakit Kepala

TAK selamanya meredakan sakit kepala dengan mengandalkan obat. Bila terlalu sering, tubuh akan menjadi resistan sehingga akan membutuhkan obat dengan dosis yang lebih tinggi lagi.



Padahal, menyingkirkan nyeri di kepala dapat dilakukan dengan cara alami. Pencegahannya dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

a. Tidur siang
Cobalah untuk tidur siang sebentar saja untuk mengurangi rasa nyeri yang terasa. Namun, jangan sampai malah kebablasan. Terlalu lama tidur justru akan memperparah sakit kepala Anda. Cobalah tidur siang di sela-sela aktivitas selama 15-30 menit.

b. Latihan pernapasan
Saat sakit kepala muncul, ambil napas dalam-dalam. Tarik dan keluarkan kembali napas secara perlahan. Gerakan sederhana ini bisa membuat tubuh dan kepala merasa lebih nyaman dengan rasa nyeri yang berkurang.

c. Pijat kepala
Pijat memang dikenal ampuh dan efektif menyembuhkan sakit kepala. Pijat kening Anda menggunakan jari dengan gerakan memutar secara perlahan. Juga coba tekan dengan lembut dahi Anda dengan jari-jari.

d. Aromaterapi
Menghirup minyak aromatic tak hanya dapat meredakan sakit kepala, tapi juga bisa memperbaiki suasana hati Anda. Coba hirup minyak atsiri beraroma lavender, kayu cendana, dan vanila yang bermanfaat menyingkirkan stress.


Metro TV News | Metro TV – Sab, 12 Mar 2011

1 comment:

r10 said...

kalau tidur siang seringkali dapat mimpi buruk, itu kenapa yah?

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.