Friday, October 2, 2015

Cekakak Sungai Di Masakambing


Sepanjang kaki melangkah menelusuri Pulau Masakambing, Utara Pulau Masalembu, burung-burung berwarna biru putih dengan mudah saya jumpai. Yup, itulah Cekakak Sungai atau memiliki nama latin Todirhampus chloris.



Sumber : wikipedia
Saat saya monitoring Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea abbotti) di Pulau Masakambing yang luasnya setara dengan sebuah desa, burung-burung jenis ini sangat mudah dijumpai. Terutama pada pos pengamatan saya yang letaknya di atas sebuah bukit. 

Dengan suara yang sangat ribut, keras, dan hampir terdengar sepanjang hari, burung ini cukup mengundang perhatian akan keberadaannya.  Tubuhnya yang berwarna biru dan putih, serta dengan mahkota, sayap, punggung, dan ekor biru kehijauan berkilau terang. Terdapat setrip hitam melewati matanya, dan warna kekang yang putih, serta  Kerah dan Tubuh bagian bawah putih bersih. Iris coklat, paruh atas abu tua, paruh bawah pucat, kaki abu-abu. 

Cekakak Sungai merupakan jenis burung pemakan kadal, serangga besar, katak, ulat, dan cacing. Habitatnya di daerah yang terbuka dekat perairan, kebun, kota, tepi hutan, serta tersebar hingga ketinggian 1.200 mdpl. Dengan habitatnya yang lebih luas, membuat burung jenis ini lebih mudah dijumpai.

Di Pulau Masakambing, hampir di seluruh pulau dapat dijumpai, bahkan di perkampungan sekalipun. Mungkin karena kondisi di pulau ini sangat kondusif untuk satwa liar, sehingga burung ini sangat nyaman untuk bermain-main di seluruh bagian pulau.


No comments:

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.