Shalat Sunnah Sebelum Maghrib



Disunnahkan melaksanakan shalat sunnah sebelum Maghrib bagi siapa yang mau. Yang dikerjakan sebelum Maghrib tersebut adalah dua raka’at.

Beberapa dalil yang jadi dukungan untuk masalah ini adalah sebagai berikut.














Imam Nawawi menjelaskan, “Riwayat-riwayat di atas menunjukkan akan dianjurkannya shalat sunnah dua raka’at antara tenggelamnya matahari dan shalat maghrib dilaksanakan. Namun mengenai anjuran shalat sunnah sebelum Maghrib ada dua pendapat dalam madzhab Syafi’i, yang paling kuat dalam madzhab adalah tidak disunnahkan. Namun berdasarkan pendapat para peneliti hadits, yang lebih kuat adalah shalat sunnah sebelum Maghrib tetap disunnahkan, alasannya karena dukungan hadits-hadits di atas.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 111).

Namun shalat sunnah sebelum maghrib (qobliyah Maghrib) tidak masuk dalam shalat sunnah yang ditekankan. Karena yang sangat dianjurkan adalah 12 raka’at yang dijaga setiap hari sebagaimana disebutkan dalam hadits,








Semoga Allah memberi taufik untuk beramal sholih.

Sumber : rumaysho.com

Comments

AuL Howler said…
Iyaa, aku baru nyobain ini selama di pulau jawa sih

di Padang entah kenapa abis azan langsung iqamat
Anonymous said…
Ternyata ada shallat sunat sebelum Magrib,, Thanks Informasi jadi bertambah ilmu agama ku,,salam kenal hu
Agus Irwanto said…
@ Aul Howler dan @ tokobungacantik, di Jawa ada yang seperti itu, tidak dilaksanakan, biasanya setelah adzan iqomah atau waktu jeda antara adzan dan iqomah sangat pendek. Namun saat saya ikut Sholat pada beberapa masjid di Malang dan mgnikuti kajian yg diadakan antara Bada Maghrib hingga Isya', banyak yang melakukan. lalu saya mencari tahu dalilnya.

Translate