Antrian Orang Yang Menuntut Haknya




Bayangkan jika mereka ini adalah orang-orang yang mengantri untuk mengambil hak mereka darimu di hadapan Allah pada hari kiamat. Atas hak mereka yang kau ambil, caci makimu, tuduhanmu, dustamu, hutang-hutanmu, namimah, ghibah, kezalimanmu, dan lain-lain.

Dan lebih mengerikan lagi, baru orang pertama yang menuntut haknya namun seluruh kebaikan-kebaikan dan amal sholehmu yang terkumpul telah habis sebagai gantinya. Serta tidak cukup untuk membayar sisa-sisa orang yang masih mengantri.

Maka sebagai gantinya, dosa orang-orang yang menuntut itu di letakkan kepadamu, lalu kemudian engkau di lempar ke dalam api neraka.

Ya Allah ampunilah kami ...

Jadikanlah ini sebuah renungan sebelum hari perhitungan itu benar-benar datang. Mari kita ingat-ingat kembali siapa saja yg haknya pernah kita ambil, siapa saja yg pernah kita fitnah, siapa saja yg hutangnya belum kita bayar, siapa saja yang pernah kita caci maki, dan siapa saja yg pernah kita dzalimi.

Segeralah, kita selesaikan.

Karena jauh lebih ringan menunaikan hak-hak orang lain ketika masih di dunia ini dari pada harus mempertanggung jawabkannya di akhirat nanti.

Comments

Translate