Mabuk Wes Anderson

by - May 09, 2023



Belakangan ini “judek” banget setiap skrol reels, ramai bermunculan video dengan gaya sinematik dengan pemilihan warna yang vintage, tata letak objek yang simetris dan gerak-gerik karakter yang agak aneh tapi unik. Ternyata mereka ini sedang meniru gaya sinematik dari seorang sutradara film kawakan asal amerika serikat, Wes Anderson. 

Ceritanya ada yang mulai receh sampai yang memang benar-benar niat membuat video bertema Wes Anderson ini. Awal-awalnya seru juga menyaksikan para konten kreator berulah, yang mulai menceritakan lebaran di rumah mertua, hingga sekedar beli es krim. Namun lama kelamaan, setiap buka reels, ampyuunnn.. nih video ala wes anderson nongol mulu.

Yang bikin unik juga adalah musiknya. Penasaran dong, nih musiknya sapa. Judulnya Obituary karya Alexandre Desplat. Gak ada nama jawa-jawanya sama sekali dah.




Siapa nih Wes Anderson?

Pria bernama lengkap Wesley Wales Anderson ini membuat gebrakan di industri film Hollywood setelah merilis film keduanya yang berjudul Rushmore pada tahun 1998. Film ini dipuji banyak kritikus film dengan sajian semantik dan gaya bercerita yang unik.

Wes Anderson memang punya gaya sinematik sendiri yang menjadi ciri khas film-film garapannya. Tiap melihat karyanya seolah-olah kita disuguhkan dengan sebuah lukisan yang bergerak dan bercerita. Gaya ini bisa dikenali dengan ciri khasnya yang menggunakan warna kontras yang cerah, komposisi visual yang simetris, movement camera yang statis, penokohan karakter yang unik, humor yang agak cringe, hingga selalu menggunakan musik-musik yang yang bernuansa folk eropa.

Ada beberapa karya film dari mas Wes Anderson ini, seperti Moonrise Kingdom (2012), The Grand Budapest Hotel (2014), Isle of Dogs (2018), The French Dispatch (2021), dan Asteroid City (2023). Nah, setelah saya lihat cuplikan film yang terakhir, kayaknya dari Asteroid City inilah merebak video-video ala-ala Wes Anderson.

Probolinggo Nan Sumuk
9 Mei 2023




You May Also Like

0 komentar