Monday, May 4, 2009

evakuasi satwa

Fajar masih mecucu aja mulutnya sambil diisep tuh LA lights dimulutnya yang sedari tadi mancung terus. sedangkan saya sibuk nyetir disampingnya menembus padatnya jalanan Surabaya, panas dan sweat abis. Gimana gak mecucu tuh fajar, kita evakuasi satwa pake mobil Kijang yang AC-nya udah panas, otomatis dimatiin aja dan dipaksain deh kita merasakan angin panas Surabaya hari itu.
Setelah belok sana belok sini plus tanya ke si pemilik satwa dimanakah letak rumahnya itu, sampai juga kita di sisi timur Surabaya yang merupakan daerah rawa dan deket pantai, makin panaslah kita. Udahlah, saya lepas aja seragam ini, dengan kaos kutung tanpa lengan aku asyik nyetir ke lokasi itu.
" Lho pak fajar, katanya petugasnya dua, kok sendirian?" sambut seorang ibu setengah baya dan punya rambut ala Tika Bisono itu. Saya yang dengar cuma bisa senyum kecut, asem tenan, gara-gara seragam saya lepas dikira sopir deh. "Itu juga petugas bu, cuma nyamar aja", jawab fajar sekenanya sambil ngelirik saya.
Kita lihat tuh monyet yang mau diserahkan ke negara (taela...), jenis Macaca fasicularis, gak dilindungi sih, tapi mau gimana si ibu udah beberapa hari neror telepon ke si fajar, udah takut melihara tuh monyet karena tambah serem aja tingkahnya. Lagian si ibu pelihara monyet, pelihara ayam kek, kan lumayan bisa nelor en dagingnya bisa di jadiin opor kan sedep. " Iya deh pak, bawa aja dengan kandangnya", rajuk si ibu. Bujubune batinku, kandang segede gitu mana bisa diangkut pake mobil kijang kayak gini. Fajar tersenyum gak enak ke arahku, "iye deh, ganti mobil..", gerutuku. "pinjem mobil pick up patrolinya kantor seksi Surabaya aja, kamu tunggu deh disini ama tuh monyet, aku ambil mobil di kutisari..", tambahku sambil ngeloyor pergi. Kembali menyeruak padatnya jalanan Surabaya yang panas. Persis dah kayak lagunya Franky..".. berjalan di lorong pertokoan di Surabaya yang panas...", bener deh tuh lagu emang puanas neh Surabaya.
Untungnya, nih mobil patroli AC-nya caem dah, mana dikasih duit cepek ama kasi buat tuh solar patroli, tambah adem ati ini, tararengkyu...!
"Grrrrr...", tuh monyet menunjukkan kekuasaannya ke kita. Sial nih monyet, kayaknya mau ngasih perlawanan ama kita. Saya puter-puter deh otakku, gimana neh naklukin monyet ini, pake kekerasan gak mungkin lah, gak sesuai dengan pedoman animal welfare, bisa-bisa kena HAM-nya satwa kita. Alah gini aja, kita pakai perang psikologi aja, pikirku nih monyet sudah hidup solitair jadi kalau dia kalah "sangar" biasanya bakal nurut. Terpaksa deh, aku keluarin muka sangarku dan menggertak seolah aku tuh jauh lebih sangar dibanding taringnya yang sedari tadi dipamerkan, sambil aku tarik-tarik rantainya. Huehehehe... ternyata keder juga tuh monyet.Takut. Nah kalo gini gampanglah kita mindahin kandangnya ke atas bak mobil. Fajar sempet keder liat tuh monyet melototin dia terus, "udah deh jar, kamu sebelah sini, biar aku yang disisi situ, biar monyetnya gak macem-macem ke kamu, saya takut ntar kamu diperkosa lagi ama tuh monyet, hehehe.."
Gak diduga, monyet itu kita evakuasi tanpa perlawanan, walau awalnya kita sempet grogi juga lihat taringnya yang udah panjang.
Lepas dhuhur, kita sudah meluncur ke kantor untuk memindahkan monyet itu ke kandang transit dan melepaskan semua rantai yang mengikat di perutnya. Tugas selesai, fajar seneng, saya seneng, monyet juga seneng, hehehe ....

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.