Thursday, March 8, 2012

Pingin BNPB

Kamis gelap ini saya terbangun setelah alarm di hapeku meraung-raung lagunya Sweetchild of Mine -nya Guns N Roses. Tak dinyana, diluar rumah masih juga turun hujan yang telah membasahi Kota Malang sejak pukul 11 malam. Betah banget ya. Mau gak mau, ikhlas gak ikhlas, tetap juga saya harus bersiap-siap untuk berangkat kerja. Sudah kebiasaan, bangun sebelum adzan Subuh berkumandang dan berangkat usai sholat Subuh dilakukan.
Dan benar saja, jalan basah, sepi, dan dingin. Begitupun terminal Arjosari tempat bis-bis pada ngerumpi, penumpang lengang, beruntung bis Restu Panda-nya pak Ju sudah nongkrong dan penumpangnya masih sedikit. Pasti gara-gara hujan ini juga.

* * *

Melewati flyover waru, vespaku terus ku pacu ke jalan Juanda, tak berapa jauh dari situ sempat kulirik sebuah kantor baru yang megah, berwarna oranye ngejreng, dan deretan mobil truk, boks, berwarna oranye pula berjejer. Nih dia kantor BPBD atau lengkapnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah, kepanjangan tangan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Saya jadi inget ketika pelatihan Incident Command System di Bogor akhir tahun 2011. Ketika itu salah satu pematerinya Direktur dari BNPB. very interisting. Sangat menarik. Lembaga ini merupakan Badan setingkat menteri yang langsung bertanggungjawab kepada presiden. Sebuah lembaga yang menangani bencana alam di Indonesia. Negara kita sesungguhnya beruntung, karena di dunia ini hanya sedikit negara yang memiliki undang-undang mengenai penanganan bencana alam, sehingga dibentuk juga sebuah badan yang "super power" untuk menangani bencana alam. Walaupun masih banyak Pemerdintah daerah TK I dan II yang belum merespon baik dengan membentuk BPBD di wilayahnya, saya tetap bersyukur jika ternyata di Jawa Timur telah berdiri BPBD.

* * *

Tertarik sih iya ingin bergabung ke sebuah lembaga atau badan seperti BNPB atau BPBD. Jadi inget pas masih mahasiswa dulu. Dengan swadaya sendiri saja, kita ( yang saat itu bergabung dengan Mahasiswa Pencinta Alam) jika terjadi bencana atau orang hilang akan turut serta bergabung dalam tim SAR. Apalagi ini, kita bekerja di bidang itu. Selain digaji juga mendapat pahala, ya enggak seh?

No comments:

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.