Thursday, March 25, 2010

Membuat Kartun

Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan urusan penerbitan majalah di kantorku. Maklum deadline sudah semakin dekat. Mulai artikel, tulisan, peristiwa dan lain sebagainya sudah mulai dikumpulkan. Entah kenapa nih otak susah banget diajak untuk menulis, mungkin mood-nya gak dapet-dapet. Lihat aja blog-ku ini, juga jadi sepi dari tulisan, heran.
Eh... tadi pagi pas terbangun dari tidur sesaat di dalam bis menuju Surabaya *hendak pergi ke kantor*, tiba-tiba ada ide di kepalaku. *tuing* Buat rubrik kartun di Majalah itu. Wah jadi inget kerjaan pas jaman masih mahasiswa dulu, aku terlibat di penerbitan Majalah Fakultas sebagai ilustrator alias bagian gambar menggambar. hihihihii.... Wuih bukan main deh... mood-ku langsung nongol, bahkan lengkap dengan alur cerita tuh kartun nantinya.
Ide ini juga sudah saya ungkapkan ketika rapat dewan redaksi *ceile* pagi tadi. Dan semua setuju dengan ide kartun itu, dan yang penting harus berkelanjutan, karena kartun disini mirip kartun Om Pasikom-nya Kompas, ada jalan ceritanya dan sentilannya.
Akhirnya di meja kantor mulailah saya bercorat - coret sana dan sini sesuai ideku tadi. Mulai aku buat tokohnya, penampilannya, gaya rambutnya, model-model mukanya *ih..jatuh-jatuhnya mirip aku* dan nama si kartun itu tadi. Butuh waktu lama untuk membuat skets dan gaya-gayanya. Akhirnya sebelum sholat Dhuhur selesai tuh gambar.
Usai Sholat, saya lanjutkan dengan men-scan hasil gambar untuk dimasukkan ke dalam komputer. Dan mulailah saya mengutak-atik gambar-gambar tadi menjadi sebuah alur cerita dan sentuhan warna disana dan disini. Diberi kata-kata... dan akhirnya di print.... huahahaha.. jadi deh. Gak nyangka pekerjaan ini membuat kepuasan sendiri. Sampai-sampai Agustin teman seruanganku nyletuk ,"sampean pantesnya kerja jadi designer mas, bukannya jadi pegawai negeri", amir deh celetukku dalam hati. Kebanyakan orang juga pengen jadi pegawai negeri, hehehe.
Setelah selesai siap deh dikumpulkan ke Bagian Lay out... beh gak kerasa hari udah sore, siap-siap untuk balik lagi ke Malang.... pulang ke rumah...

2 comments:

http://ceritayunia.blogspot.com said...

gud..gud...gak nyongko reekk..ternyata dikau punya bakat yg kek ginian..nek wis dipublish d buletin ojo lali traktir aku ya..^-^

Wiwin said...

yo...kudu ngono mas'e... hrs konsekuen dgn SK-nya to..!
Hua..hahaa..

klo dah 'terbit' ..setuju karo m'nia ojo' lali traktiran yo..

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.