Monday, April 18, 2011

Ular Pucuk

Hedehhh... saya sewot sekali kala mbak rety mendatangi saya dengan tergopoh-gopoh kebingungan. Rupanya ada orang meminta surat angkut untuk jenis ular yang ia bawa. Ketika disebutkan jenisnya adalah ular Jenur. wot? Ular Janur? ala makjan selama saya kerja belum pernah mendengar jenis ular tersebut. setelah menghabiskan waktu cukup lama dengan tanya ke mbah gugel, dan browsing kesana-kemari, ternyata ular dimaksud adalah ular daun atau ular Pucuk.

Ular pucuk (Ahaetulla nasuta) adalah nama sekelompok ular berbisa lemah yang tidak berbahaya dari marga Ahaetulla, suku Colubridae. Dinamai demikian karena bentuk ular-ular ini menyerupai pucuk sulur-suluran di hutan: panjang, lampai dan umumnya berwarna hijau. Dalam bahasa Inggris, ular-ular ini disebut dengan nama umum vine snake atau whip snake, yang mengacu kepada bentuk-bentuk yang sama seperti diuraikan di atas. Ular-ular pucuk termasuk berbisa lemah. Artinya, meski bisanya cukup kuat untuk melumpuhkan mangsanya (misalnya kodok, kadal atau burung kecil), namun tidak berbahaya bagi manusia. Tak seperti ular-ular kobra atau bandotan, taring bisanya terletak di bagian belakang rahang atasnya (opisthoglypha).

Keragaman jenis
Taksonomi ular-ular pucuk belum terdokumentasi dengan baik dan belum pula dilakukan kaji ulang secara menyeluruh. Akan tetapi sejauh ini ada delapan spesies ular yang umumnya diterima sebagai anggota marga Ahaetulla:
- Ular pucuk Günther, Ahaetulla dispar (Günther, 1864)
- Ular pucuk kepala-rintik, Ahaetulla fasciolata (Fischer, 1885)
- Ular pucuk Burma, Ahaetulla fronticincta (Günther, 1858)
- Ular pucuk Malaya, Ahaetulla mycterizans (Linnaeus, 1758)
- Ular pucuk hidung-panjang, Ahaetulla nasuta (La Cépède, 1789)
- Ular pucuk Ghats-barat, Ahaetulla perroteti (Duméril & Bibron, 1854)
- Ular gadung, Ahaetulla prasina (Shaw, 1802)
- Ular pucuk kecoklatan, Ahaetulla pulverulenta (Duméril & Bibron, 1854)

Penyebaran
Jenis-jenis ular pucuk menyebar terutama dari India di sebelah barat, hingga ke Tiongkok di timur, ke selatan melalui sebagian besar wilayah Asia Tenggara, hingga ke Kepulauan Nusantara dan pulau-pulau di Pasifik.

Perdagangan
Ular pucuk termasuk kelompok ular yang kerap diperdagangkan sebagai hewan timangan (pet) dan diekspor ke negara-negara Barat.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Upaordo : Serpentes
Famili : Colubridae
Upafamili: Colubrinae
Genus : Ahaetulla

Sumber Wikipedia

No comments:

 

Copyright 2010 halaman agus.

Theme by WordpressCenter.com.
Blogger Template by Beta Templates.