Minuman Panas Mengusir Batuk dan Flu

by - December 16, 2008

Minuman hangat terbukti dapat mengurangi gejala batuk dan flu. Riset terbaru yang dilakukan oleh Common Cold Centre di Cardiff University, Wales, Inggris, menunjukkan bahwa segelas tonik buah hangat dapat memulihkan kesehatan dan meredakan semua gejala flu seperti hidung berair, batuk, bersin, radang tenggorokan, demam, dan kelelahan.
Riset yang dipublikasikan dalam jurnal Rhinology edisi Desember 2008 itu membandingkan efek dari tonik apel dengan blackcurrant yang diminum hangat-hangat atau pada suhu kamar, terhadap 30 sukarelawan penderita gejala flu. Para sukarelawan direkrut dari staf dan pelajar di perguruan tinggi itu, dengan syarat telah mengalami gejala flu setidaknya seminggu, tidak minum obat apapun, atau mengonsumsi makanan dan minuman panas beberapa jam sebelumnya.
Sebagian dari sukarelawan diminta meminum tonik buah panas dan sebagian lagi meminum tonik dengan suhu kamar 10 menit sebelum menjalani tes rhinomanometry. Dalam tes itu, mereka harus bernapas menggunakan topeng dengan mulut tertutup di sekitar tabung pengukur bertekanan.
Meski minuman panas tidak terbukti memperbaiki aliran udara hidung dalam tes itu, namun para peserta melaporkan radang tenggorokan, demam, dan batuk mereda setelah minum tonik buah panas. Tonik buah bersuhu kamar juga tidak melegakan pernapasan para sukarelawan, namun meringankan gejala bersin, batuk dan hidung berair, tetapi tidak mempengaruhi radang tenggorokan dan demam.
Direktur pusat studi flu itu, Profesor Ron Eccles, menyarankan orang yang menderita batuk atau flu mengonsumsi minuman hangat untuk membantu mengurangi gejala penyakit itu. "Sungguh mengejutkan bahwa ini adalah riset ilmiah pertama tentang manfaat segelas minuman panas untuk mengobati gejala batuk dan flu," katanya.
Minuman panas juga cocok diminum ketika temperatur udara turun pada musim hujan atau musim dingin, seperti yang sekarang dialami penduduk yang mendiami belahan bumi bagian utara. Virus flu kerap menyerang pada saat-saat seperti ini. “Memiliki persediaan tonik buah dalam lemari dan meminum tonik hangat dapat membantu memerangi gejala flu dan batuk,” tutur Eccles. “Keuntungan besar dari jenis perawatan ini adalah murah, aman, dan efektif.” Koran Tempo

You May Also Like

1 komentar

  1. terimakasih infonya :)
    ibu sy batuk dan sy sngt tdk suka keluarga sy mngkonsumsi obat" kimia :)

    ReplyDelete